zakat uang

Kenali Perhitungan Nishab Zakat Mal Supaya Menunaikan Kewajiban Sebagaimana Mestinya

Ketika mendengar pembahasan mengenai zakat maal maka banyak umat muslim merasa rancu, sebab zakat satu ini memang sampai sekarang menjadi perdebatan. Zaman sudah berubah sebab dulunya orang bekerja hanya seputar perdagangan, beternak, menjadi pelayan, dan sebagainya. Namun kini jenis pekerjaan semakin bertambah dan mereka semua digaji oleh pemilik usaha. Gaji yang diterima pun terkadang masih di sisipi aneka macam tunjangan, dan sekali dalam setahun menerima gaji ke-13 dan ke-14, maka zakat maal pun dibahas lebih mendalam.

Kenali Nishab untuk Zakat Profesi

Beberapa orang memilih membayar zakat profesi per bulan dengan langsung mengurangi 2.5% dari total gaji atau pendapatan usaha yang diterima. Cara ini sah untuk dipilih dan dilakukan sebab hasil akhir perhitungannya sendiri memang sudah sesuai dengan aturan Islam. Opsional lain adalah mengeluarkannya sekali dalam setahun dan tentunya dalam jumlah yang lumayan. Sebab nishabnya sendiri sekitar Rp 1.062.500 dan jika sudah melebihi nishab maka jumlah uang yang dikeluarkan untuk zakat akan bertambah lebih besar.

Tidak semua orang paham mengenai jumlah nishab zakat mal sehingga tidak terlalu mengetahui apakah dirinya sudah wajib membayar zakat atau belum. Perhitungan nishab ini menggunakan nilai uang dari hasil 85 gram emas sehingga bisa dihitung sendiri batas atau nishab tersebut. Ketika gaji per tahun Anda sudah sejumlah harga 85 gram emas maka dipastikan Anda sudah wajib mengeluarkan zakat. Jika berada di bawah nishab maka Anda tidak memiliki kewajiban, namun memberikan sebagian harta pada yang membutuhkan termasuk amal sedekah yang perlu dibudayakan.

Membudayakan kebiasaan bersedekah meringankan beban berzakat yang hukumnya wajib sehingga tidak bisa ditawar lagi. Kebiasaan baik bersedekah pun membawa banyak manfaat, diantaranya adalah:

  1. Membersihkan harta yang dimiliki sebab harta tersebut sebagian kecilnya merupakan milik saudara semuslim kita.
  2. Menanamkan sifat kasih sayang dan empati kepada orang sekitar sehingga ikhlas membantu meringankan beban finansial mereka.

Memupuk semangat untuk bekerja lebih giat sehingga bisa membantu lebih banyak kepada orang yang membutuhkan.

Baca  Inilah Tips Dan Manfaat Membaca Cerita Pendek Untuk Anak

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *