Gejala, Penyebab, Makanan dan Solusi Penyakit Gula Darah

kadar gula rendah

Fungsi dari gula darah di dalam tubuh yaitu untuk membantu organ tubuh dalam melakukan tugasnya dengan baik dan juga memberikan energi bagi tubuh agar dapat bergerak dnegan baik untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Gula atau glukosa di dalam tubuh tersebut biasanya diperoleh dari asupan makanan manis yang masuk ke dalam tubuh dan di proses dengan bantuan hormon insulin menjadi energi untuk tubuh. Namun apabila hormon insulin yang dihasilkan tidak sebanding dengan jumlah gula yang masuk ke dalam tubuh maka akan memicu terjadinya suatu penyakit.

Ada beberapa hal penting yang perlu anda ketahui tentang gula darah ini, mulai dari gejala dan penyebabnya, makanan apa saja yang berpengaruh untuk menurunkan atau menstabilkan gula darah dan solusi lain cara untuk menurunkan gula darah itu sendiri. Mari kita simak lebih lanjut.

Gejala dan Penyebab Penyakit Gula Darah

Penyakit gula darah biasanya terjadi akibat hormon insulin yang tidak mampu mengolah glukosa di dalam tubuh karena jumlah hormon insulin yang terbatas. Hormon insulin merupakan hormon yang di hasilkan oleh organ pankreas. Jadi apabila hormon insulin di hasilkan dalam jumlah yang sedikit maka terdapat suatu masalah pada organ pankreas.

Akibat dari kadar gula yang tinggi maka membuat pandangan atau penglihatan menjadi terganggu, kabur dan tidak jelas. Selain itu gejala – gejala lain yang akan di timbulkan dari penyakit gula yaitu tekanan darah menjadi naik dan dapat memperburuk kesehan, merasakan haus dan lapar yang berlebihan hingga berat badan mengalami penurunan secara drastis.  Penderita penyakit gula juga akan mengalami infeksi akibat dari daya tubuh terhadap serangan berbagai macam virus menurun. Dan apabila terjadi luka pada penderita penyakit gula, maka luka tersebut akan sulit untuk disembuhkan.

Baca  Cara Tips Diet Sehat Ala Tropicana

Selain gejala terdapat penyebab yang dapat mengakibatkan penyakit gula darah, diantaranya yaitu kesehatan organ pankreas yang menurun dan meningkatannya asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Akibat dari gangguan pada organ pankreas maka produksi hormon insulin yang biasa di produksi oleh organ pankreas akan mengalami penurunan atau bahkan tidak dapat diproduksi sama sekali. Padahal hormon insulin ini sangat penting untuk mengubah gula atau glukosa yang masuk ke dalam tubuh menjadi enegi. Asupan gula dapat di peroleh dari makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah. Dan konsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan dapat meningktakan kadar gula.

Makanan untuk menjaga gula darah tetap stabil

Bagi anda penderita diabetes atau kadar gula darah tinggi harus melakukan diet sehat dan seimbang untuk memulihkan kondisi kadar gula di dalam tubuh. Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membantu menjaga maupun mengembalikan kadar gula pada kondisi stabil. Misalnya kayu manis dan kopu yang telah umum diketahui banyak orang untuk mengurangi resiko penyakit diabetes.

Beebrapa jenis makanan pemicu naiknya kadar gula diantaranya seperti roti manis. Hal tersbut dikarenakan makanan tersebut akan diubah secara langsung menjadi glukosa di dalam darah. Selain mengkonsumsi makanan – makanan yang daoat menstabilkan kadar gula. Bagi anda penderita diabetes juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan olahraga secara teratur agar kadar gula di dalam tubuh tetap pada tingkatan yang stabil.

Diantara makanan untuk menjaga gula darah tetap stabil yaitu :

  • Bayam dan brokoli

Sayuran tidak mengandung tepung seperti bayam dan brokoli ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan karbohidrat yang rendah sehingga sangat aman dimakan oleh penderita diabetes. Dan sebaliknya sayuran yang mengandung tepung seperti yang terdapat pada kentang harus anda hindari konsumsinya. Karena kentang juga mengandung karbohidrat seperti nasi putih sehingga tinggi akan kandungan glukosa.

  • Gandum

Meskipun gandum termasuk golongan karbohidrat, namun gandum memiliki serat larut yang tinggi, lambat dicerna dan tidak menyebabkan kadar gula darah mengalami kenaikan secara drastis. Selain itu gandum juga memberikan sumber energi yang lebih stabil untuk tubuh dan mampu membantu mengurangi berat badan.

  • Strawberry

Dengan porsi yang tepat dalam konsumsinya membuat strawberry dapat menstabilkan kadar gula di dalam darah. Strawberry memiliki kalori yang rendah dan serat serta air yang tinggi sehingga dapat mengenyangkan. Anda dapat menjadikan strawberry sebagai jus. Dan dapat juga dengan tambahan tropicana rendah kalori sebagai pemanis dari jus strawberry yang anda buat.

  • Ikan salmon dan daging tanpa lemak

Ikan salmon merupakan pilihan terbaik karena mengandung omega 3 yang baik bagi kesehatan jantung. Daging tanpa lemak juga merupakan sumber chromuim dan mineral yang dapat membantu insulin bekerja dengan optimal dan membantuh tubuh untuk mencerna karbihidrat.

Cara Lain Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Cara untuk menurunkan kadar gula darah sebaiknya di lakukan dengan mengkonsumsi makanan yang rendah akan kandungan karbohidratnya. Hal ini dikarenakan karbohidrat memiliki kadar glukosa yang tinggi sehingga dapat memicu terjadinya peningkatan gula di dalam darah. Masih banyak makanan yang dapat dikonsumsi dan rendah akan kandungan karbohidrat yang mampu membantu untuk mengendalikan penyakit diabetes. Makanan tersebut seperti sereal, roti gandum dan kedelai.

Baca  Menerapkan Pola Hidup Sehat Sehari-hari

Anda juga dapat menurunkan kadar gula dengan cara seperti berikut.

  • Menerapkan pola hidup sehat

Untuk mengurangi resiko oenyakit diabetes anda harus menerapkan pola hidup sehat. Misalnya dengan melakukan aktivitas fisik, olahraga, dan juga memantau tekanan darah. Memiliki tingkat kadar gula yang tinggi tanpa pengubahan pola hidup yang sehat dapat memperparah penyakit diabetes yang diderita.

  • Konsumsi gingseng

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa senyawa yang terkandung didalam berry gingseng dapat meningkatkan sensivitas insulin. Oleh sebab itu anda dapat mengkonsumsi gingseng untuk menurunkan kadar gula darah anda.

  • Konsumsi kopi

Kopi ternyata dapat mengurangi resistansi insulin dan menghambat perkembangan diabetes. Namun anda harus berhati – hati akan penggunaan gula sebagai pemanis kopi. Disarankan anda menggunakan troopicana gula rendah kalori yang aman digunakan dan tidak akan membuat kenaikan kadar gula di dalam darah.

Demikian beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menurunkan kadar gula darah di dalam darah. Apabila anda telah menderita penyakit diabetes maka anda dapat melakukan cara – cara tersebut untuk menstabilkan kadar gula di dalam tubuh anda. Anda juga dapat melakukan penurunan berat badan apabila anda memiliki berat badan berlebih untuk menurunka kadar gula agar mendekati angka normal atau stabil. Anda dapat menjaga kadar gula agar tetap pada kondisi stabil dengan melakukan penerapan pola hidup sehat dan juga pola makan seimbang dan teratur. Lakukan olahraga secara rutin minimal satu minggu sekali dan juga konsumsi makanan – makanan yang sehat dan makanan tidak memicu kenaikan kadar gula di dalam darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *